Makna Lirik Lagu Dangdut Oplosan

Assalamu'alaikum

Jika kini ini kita melihat di televisi terutama Trans TV, niscaya kerap kali terdengar lagu dangdut yang berjudul "OPLOSAN". Atau jikalau kebetulan kita lewat di bersahabat penjual VCD yang biasanya banyak mangkal di pinggir jalan, niscaya juga sering memutar lagu oplosan ini. Lagu karangan Nur Bayan tersebut kini memang lagi banyak digandrungi orang-orang. Nah lagu inilah yang kali ini kepingin aku bahas disini.

Tapi sebelumnya ada beberapa hal yang ingin aku jelaskan terlebih dahulu kepada teman-teman dan para pembaca sekalian. Bagi anda-anda yang antipati, benci, atau tidak suka terhadap lagu ini tolong dipilah-pilah lagi apa penyebab ketidak sukaan anda.
Apa lantaran genre dari lagu ini?
atau lantaran penyanyi atau grup komedian yang menyanyikan lagu ini?
atau lantaran goyangan yang dipakai penyanyi dalam lagu ini?...
Jika ketidak sukaan anda disebabkan oleh beberapa faktor yang sudah aku sebutkan sebelumnya, tampaknya anda harus mengesampingkan dahulu rasa benci anda tersebut. Pada postingan ini aku tidak membahas ihwal genre, penyanyi, atau goyangan yang biasanya mengiringi lagu tersebut, melainkan makna yang terkandung di dalamnya.

Seperti yang kita ketahui, akhir-akhir ini banyak sekali pemberitaan baik di media elektronik dan media cetak mengenai korban-korban yang berjatuhan akhir minuman keras oplosan. Minuman keras oplosan ialah minuman keras yang sudah dicampur dengan bahan-bahan lain selain materi orisinil pembuat minuman itu. Seperti pemberitaan beberapa waktu lalu, terdapat puluhan orang yang mati konyol gara-gara minum minuman keras cungkrik yang dioplos (dicampur) dengan obat nyamuk oles dan spirtus. Terkadang juga dicampur dengan banyak sekali minuman suplemen. Minuman keras cungkrik sendiri biasanya disebut juga arak beras, silet, atau ciu. Selain kematian, imbas jelek lain dari minuman keras ini ialah impotensi dan gangguan saraf. Semisal yang terkena saraf mata, maka si pengkonsumsi akan mengalami kebutaan.
 Jika kini ini kita melihat di televisi terutama  MAKNA LIRIK LAGU DANGDUT OPLOSAN

Duh.. lha udah tau gitu kok ya masih ada aja yang minum miras dan miras oplosan.... padahal sudah berkali-kali diberitakan dan sudah banyak juga jatuh korban. Apa nggak orang goblok itu namanya... koplak!!

Kembali ke lagu "OPLOSAN".. terlepas dari pembahasan ihwal penyanyi dan goyangan yang lagi ngetren di TV, bekerjsama lagu oplosan ini berdasarkan aku bagus. Selain lezat didengar (karena intinya aku penyuka lagu dangdut), lagu ini juga mengandung makna dan tujuan yang bagus. Lagu "OPLOSAN" mengajak kepada semuanya untuk melaksanakan perbuatan baik yaitu menjauhi minum minuman keras. Kita semua tahu bahwa minuman keras tidak pernah dan tidak akan membawa kebaikan. Di dalam agama apapun aku yakin juga sudah dijelaskan dan ditekankan akan larangan dan imbas dari minuman keras.

Agar lebih jelas, berikut sudah aku tulis lirik lagu "OPLOSAN" dan bagi anda yang tidak mengerti bahasa Jawa sudah aku sertakan artian dalam bahasa Indonesia





Lirik Lagu Oplosan

Opo ora eman duite    [apa tidak sayang uangnya]
gawe tuku banyu setan    [buat beli air setan]
opo ora mikir yen mendem    [apa tidak mikir jikalau mabuk...]
iku biso ngrusak pikiran    [...itu sanggup merusak pikiran]

ojo diteruske mendemme    [jangan diteruskan mabuknya]
mergo ora ono untunge    [karena tidak ada untungnya]
yo cepet lerenono mendemu    [ya cepet sudahi mabukmu]
ben dowo umurmu    [biar panjang umurmu]

Ugo sawangen kae kanca kancamu    [coba lihat itu teman-temanmu]
akeh sing podo gelempangan    [banyak yang bergelimpangan]
ugo akeh sing kelesetan ditumpakke ambulan    [banyak yang tidak sadar dinaikkan (ke) ambulan]

yo wes cukupno anggonmu mendem    [sudah cukup aCaranya mabukmu]
yo wes cukup anggonmu gendeng    [sudah cukup aCaranya gilamu]
yo mari mari, o yo leren leren no    [ayo mari, ayo berhenti]
ojo diterus terusno    [jangan diterus-teruskan]

Reff :
Tutupen botolmu, tutupen oplosanmu    [tutup botolmu, tutup (minuman) oplosanmu]
emanen nyowomu, ojo mbok terus teruske    [sayangi nyawamu, jangan diterus-teruskan...]
mergane ora ono gunane    [...karena tidak ada gunanya]

--------------------------------------------

Saya pernah menjumpai pendapat ketus dari sahabat aku ihwal lagu "OPLOSAN". Dia bahkan melarang anaknya untuk mendengarkan dan menyaksikkan lagu ini. Lalu aku tanya apakah beliau tahu apa arti lagu ini, dan diapun menjawab tidak tau. Saya sudah menerka beliau bakalan menjawab 'TIDAK TAU' lantaran aku tahu sahabat aku tersebut tidak sanggup bahasa Jawa. Dia menghindari lagu ini lantaran beliau tidak menyukai para pemuda-pemudi presenter sebuah program TV yang sering memunculkan lagu ini (saya rasa anda paham maksud saya)... Begitu aku terangkan makna dari lagu ini, beliau cuma manggut-manggut sambil tersenyum.... ealah dasar....

Tapi apapun pendapat orang ihwal lagu ini, bagi aku yang penting TARIK,MANG !!

Wassalamu'alaikum

Jika anda menyukai lagu diatas anda sanggup membeli Kaset / CD Original-nya.
Lirik lagu diatas ialah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan label musik yg bersangkutan. Seluruh media termasuk lirik lagu yang terdapat di situs ini hanyalah untuk keperluan promosi dan informasi.
tidak menyediakan link download lagu OPLOSAN.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna Lirik Lagu Dangdut Oplosan"

Post a Comment